Loading...

News Detail

Mengenal Lebih Jauh Tentang IP Camera dan Perbedaannya dengan CCTV
Home / News / Detail

Mengenal Lebih Jauh Tentang IP Camera dan Perbedaannya dengan CCTV

distributoralarm.com - Apa itu IP Camera (Internet Protocol Camera)? untuk anda yang selama ini hanya mengetahui CCTV sebagai kamera pemantau, kini anda harus mengenal IP camera. IP camera itu sendiri merupakan kamera digital yang digunakan untuk memantau sebuah objek, kemudian data yang dihasilkan oleh kamera ini dapat langsung ditransfer melalui jaringan komputer dan internet. Kamera ini pada dasarnya serupa dengan kamera webcam di laptop atau komputer. Namun perbedaan mendasar dari kamera-kamera tersebut terletak pada tujuan penggunaannya. Kenyataannya webcam tidak bisa berdiri sendiri, webcam sendiri merupaka bagaian atau komponen dari sebuah komputer atau laptop. Webcam juga memliki fungsi yang berbeda dengan IP kamera, dimana webcam digunakan  bukan  untuk  pemantauan, melaikan digunakan untuk berinteraksi  dengan orang lain seperti video call. Jelas hal ini berbeda dengan fungsi IP camera yang notabene digunakan untuk keperluan pemantauan dan keamanan.

Jika kita ingin memantau  tempat yang terkendala jarak yang jauh  kita dapat menggunakan  IP Camera, kamera ini sangat mudah untuk di opresaikan. IP Camera memiliki perbedaan dengan CCTV yang memiliki kendala jarak. Kegunaan IP Camera antara lain untuk Security, monitoring, live view pada website dll. Untuk mengakses jaringan IP camera dibutuhkan sedikit pemahaman dasar mengenai jaringan komputer.

Bagian-bagian IP Camera:

  1. Lensa, gunanya untuk memfokuskan gambar.
  2. Sensor gambar (CCD atau CMOS), digunakan untuk merubah cahaya ke signal
  3. Microcomputer dan ethernet, mengontrol sistem dan menyambungkan ke jaringan komputer.
  4. Prosessor pengolah gambar dan compresi gambar, supaya data tidak terlalu besar.
  5. Input Audio/ suara.
  6. Input Output port, digunakan untuk mengatur lensa, serta menggerakan arah kamera,  menggerakan relay

Jenis-jenis  IP camera :

  1. Fix Ip camera.
  2. Dome IP Camera.
  3. PTZ  (pan, tilt, zoom) IP Camera.

Perbedaan CCTV dengan IP Camera

CCTV adalah kamera analog dengan standar output singal analog  PAL atau NTSC. CCTV bisa langsung dihubungkan ke Televisi. Untuk merekam biasanya menggunakan VCR (video cassete recorder). Bisa kah CCTV analog mampu di hubungkan ke jaringan komputer? ya bisa, dengan menambahkan ke DVR (digital video recorder) atau Video Encoder. Sedangkan output IP Camera sudah berbentuk data digital (diantaranya berformat M-JPEG atau MPEG-4) yang bisa langsung di hubungkan ke jaringan komputer.

Dasar Jaringan IP Camera

Untuk melakukan integrasi IP camera dapat menggunakan jaringan komputer. Cara mudah akses IP Camera adalah dengan menggunakan web browser, anda cukup memasukan alamat IP camera di web browser  maka  akan muncul  tampilan atau menu sederhana untuk mengaktifkan IP Camera. Untuk penggunaan yang lebih luas diperlukan sebuah software khusus yang disebut Software Management Video. Software ini digunakan untuk:

  1. Mengelola IP Camera dgn jumlah banyak.
  2. Merekam data video dan audio .
  3. Mengelola akses user.
  4. Melihat secara bersamaan (simultan)  dari banyak  Camera
  5. Mencari data rekaman.
  6. Video motion detector (VMD), Dll.

IP camera dan CCTV memiliki kegunaan yang sama untuk meminimalisir adanya tindak kriminal. Kami Lax Teknologi Indonesia, selaku Distributor Alarm Paradox yang menJual CCTV Centrix dan CCTV Samsung, siap memberikan kenyaman tersebut kepada anda. Kami pun menyediakan berbagai macam CCTV yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Hubungi kami segera disini, dan kami akan segera memberikan pelayanan yang cepat untuk anda.