Loading...

News Detail

Kenali Perbedaan CCTV Analog Standard dengan CCTV AHD
Home / News / Detail

Kenali Perbedaan CCTV Analog Standard dengan CCTV AHD

 

Teknologi baru dari CCTV, yaitu CCTV yang mengusung kamera AHD. CCTV AHD ini diperkirakan akan menggantikan CCTV yang ber-TVL. TVL atau Television Lines yang bertujuan  menyediakan ukuran suatu kinerja resolusi dari sistem TV untuk dapat dinilai.

Sebelumnya kita kenali dulu apakah TVL itu. TVL merupakan ukuran horizontal untuk mengukur seberapa bagus gambar tersebut yang dktampilkan pada layar. Garis vertikal TV memiliki scanning maksimum 350 line serta tidak variabel pada sistem 525-line (NTSC System). Garis horizontal pada TV digunakan sebagai parameter kualitas gambar.

CCTV dengan TVL sudah mulai terganti dengan adanya CCTV AHD ini. CCTV AHD memberikan resolusi yang lebih tinggi dengan hasil gambar yang lebih bagus.

Apakah CCTV AHD?

Analog High Definition (AHD) adalah teknologi baru dalam dunia surveillance untuk mentransmisikan video High Definition (HD). Konsep dari AHD yaitu mengirimkan sinyal High Definition lewat transmisi televisi digital. Dengan adanya teknologi AHD video digital dengan resolusi High Definition, bisa ditransmisikan menggunakan kabel coaxial dan kabel utp (dengan balun).

AHD memanfaatkan kemampuan transmisi video dari televisi digital dan meng-upgrade surveillance system CCTV analog ke digital full HD. AHD diharapkan dapat menjadi standar untuk sistem pengawasan video digital / CCTV di masa depan.

Sebelum adanya analog AHD yang mampu merekam kualitas gambar HD (720p) atau lebih, CCTV yang dapat merekam dengan kualitas tersebut adalah CCTV dengan jenis IP Camera.

IP Camera adalah  CCTV yang mempunyai alamat IP address di setiap perangkatnya dan umumnya disimpan di media komputer atau PC menggunakan NVR Software atau menggunakan NVR Hardware yang seperti DVR apabila untuk kamera CCTV analog.

 

baca juga: PT LAX TEKNOLOGI INDONESIA HANYA SEDIAKAN PRODUK DENGAN MEREK TERNAMA

 

Keunggulan CCTV AHD

CCTV AHD pun punya resolusi rekaman di atas CCTV Analog Standard biasanya. Jika CCTV Analog Standard sebelumnya beresolsi setinggi WD1 (960*576) atau hamper sama dengan 552.960 pixels atau 0,5/0,6 MP. Resolusi tersebut jika menggunakan AHD untuk saat ini pada umumnya bisa merekam untuk resolusi 1 MP (1280*720) atau setara 921.600 pixels dan ke depannya untuk resolusi perekaman di atasnya Full HD (1920*1080)  2MP atau setara 2.073.600 pixels.

Dengan resolusi yang dihasilkan CCTV AHD dua kali sampai empat kali lipat dari CCTV Analog Standard, maka kamera AHD dapat merekam video dengan kualitas gambar yang lebih jernih dan ditampilkan secara detil.

Nextchip Corporation adalah persuhaan yang mengembangkan Teknologi AHD ini. Perusahaan semikonduktor dari Korea yang memproduksi chip-chip untuk industri-industri CCTV / surveillance. Perusahaan Nextchip juga telah memproduksi berbagai macam produk produk penting, desain system referensi dan aplikasi yang berhubungan dengan AHD.