Loading...

News Detail

Alarm Paradox dan CCTV Harus Distandarisasi Agar Kerusuhan Mako Brimob Depok Tidak Terulang Lagi
Home / News / Detail

Alarm Paradox dan CCTV Harus Distandarisasi Agar Kerusuhan Mako Brimob Depok Tidak Terulang Lagi

Alarm Paradox dan CCTV Harus Distandarisasi Agar Kerusuhan Mako Brimob Depok Tidak Terulang Lagi

Kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob, Depok menyisakan luka dan rasa was-was hingga saat ini. Menurut Neta S. Pane, dilansir dari detikcom, Jumat (11/5/2018) para petugas penjaga yang kurang dapat menjalankan Standard Operating Procedure (SOP) dengan benar dan tepat.

"Saat menangkap orang yang mencurigakan, polisi harus menggeledah seluruh tubuh pelaku agar polisi yang menangkap dan membawanya ke kantor polisi lebih aman dari berbagai ancaman. Ini SOP. Jika kemudian orang yang dicurigai tersebut bisa menusuk polisi di markas polisi, tentu banyak hal yang salah. Dari mana yang bersangkutan mendapatkan pisau dan kenapa yang bersangkutan tidak digeledah secara cermat," tegasnya (detikcom).

Seharusnya pada pos jaga tempat para pemeriksaan juga dipasangkan sebuah CCTV yang memiliki kemampuan menangkap gambar bergerak dengan jelas, seperti produk dari distributoralarm.com, CCTV AV 8185 DN yang memiliki kamera 8 Megapixel dan penyesuaian 2 Axis Kamera Gimbal yang bisa disetel dengan 360? Panorama atau 90? Miring. Tentu para pelaku teroris pada kerusuhan yang menelan 6 orang korban ini akan terlacak dengan jelas.

Kerusuhan yang terjadi sebelumnya dan penyanderaan yang dilakukan oleh para napi teroris juga dapat dicegah jika saja Mako Brimob Depok menggunakan Alarm Paradox, yang merupakan produk unggulan lainnya dari distributoralarm.com, PT Lax Teknologi Indonesia. Alarm ini dapat menyala sesuai pengaturan yang ditentukan. Misal ada pergerakan yang ricuh atau tidak seperti waktu-waktu biasanya, sensor akan mendeteksi hal tersebut dan menyalurkannya menjadi sebuah sinyal ke jalur-jalur yang sebelumnya telah diset.

Selain SOP tidak berjalan dengan baik, mengutip Neta S. Pane, nampaknya Polri harus meningkatkan pengamanan dan mengadopsi berbagai teknologi keamanan terkini sehingga kerusuhan yang merenggut nyawa tersebut dapat dihindari di kemudian hari.

Perlengkapan elektronik seperti CCTV dan Alarm Paradox, produk unggulan dari distribusialarm.com, seharusnya sudah menjadi sebuah standar keamanan dan dipasang pada setiap sudut-sudut lingkungan kantor, kompleks perumahan, fasilitas umum, terlebih di tempat yang rawan terjadi kekacauan maupun kerusuhan. Sehingga bila terjadi hal yang tidak diinginkan, kita bisa mengidentifikasi  pelaku dan dalangnya, serta memberikan ganjaran yang keras agar kejadian serupa tidak terulang kembali suatu saat nanti.

 

Sumber Gambar: kompas.com